TENTANG
IBAN

Apa itu IBAN?

IBAN adalah singkatan dari Indonesia Brand Activists Network. Sebuah Perkumpulan berbadan hukum yang terdiri dari individu yang mendorong dan memajukan pertumbuhan brand lokal di daerahnya masing-masing. Anggota IBAN kemudian disebut sebagai Aktivis Brand IBAN bertindak atas nama pribadi, independen dan saling berkomunikasi dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan brand lokal di wilayahnya maupun secara luas.

Aktivis Brand wajib memiliki inisiatif yang dijalankan di daerahnya masing-masing sebagai sebuah “identitas” dirinya. Inisiatif anggota IBAN adalah sebuah kegiatan yang meliputi berbagai di bidang ekonomi, sosial, pendidikan, budaya dan berdampak positif bagi masyarakat di sekitarnya. Kegiatan ini dibangun lewat pendekatan Brand dengan mengikutsertakan nilai dan budaya kearifan lokal Indonesia yang kaya dan otentik.

Setiap tahun organisasi IBAN mengundang calon aktivis untuk bergabung dan bersinergi untuk memperkuat dampak dari inisiatif yang didirikannya.

Apa yang Menjadi
Value IBAN

Kami meyakini bahwa pemahaman tentang brand tidak hanya terbatas pada sektor komersial, tetapi juga dapat diterapkan di berbagai aspek kehidupan. Sebagai sebuah disiplin ilmu, brand terbukti mampu membentuk persepsi yang positif dan mendorong dampak baik dalam setiap tujuan yang ingin dicapai.

IBAN berfokus pada dampak. Tanpa membedakan besar atau kecilnya inisiatif, setiap anggota IBAN di dorong untuk menghasilkan inisiatif yang berdampak dan inklusif bagi masyarakat di sekitarnya. IBAN memiliki 7 pedoman:

Klik disini untuk melihat lebih detail tentang Jalan IBAN.

Pedoman IBAN

SEJARAH IBAN

IBAN dibentuk pertama kali lewat komunitas Whatsapp Group tahun 2017 dimana Arto Biantoro seorang pegiat brand nasional membangun relasi dan perjumpaan awal dengan teman teman pegiat komunikasi, pemasaran dan kreativitas. Salah satu pegiat Brand Lokal Purwokerto Uung Feri Nurrohman membuat Grup WA awal yang anggotanya berjumlah 7 orang dan kemudian pelan pelan berkembang sampai 30 orang. Para anggota pertama ini adalah para pegiat brand lokal yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Berprofesi sebagai pengusaha, pendidik, profesional dan pekerja di pemerintahan maupun swasta. Diskusi seputar dunia brand di Indonesia menjadi pokok pembahasan sekaligus kegelisahan dimana kemajuan zaman dan globalisasi menjadi sebuah tantangan. Pembahasan kegiatan seputar kewirausahaan di sektor usaha mikro dan kecil berkembang ke berbagai sektor termasuk isu sosial ekonomi dan budaya.

Tahun 2019 lewat kesepakatan bersama, para pegiat brand yang kemudian menyebut dirinya aktivis brand berkomitmen mendirikan organisasi nasional dalam bentuk perkumpulan dengan nama Indonesia Brand Activists Network di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan. Penandatangan akta dilakukan oleh haikal Basagili aktivis brand Surabaya, Sukoyo aktivis brand wonosobo, Roy Kuntjoro yang kemudian menjadi dewan penasehat IBAN dan Arto Biantoro aktivis brand jakarta sekaligus ditunjuk sebagai ketua umum pertama.

Lewat perjalanan waktu jumlah anggota IBAN sejak website ini dibuat telah berjumlah 120 orang terdiri dari aktivis IBAN dan sahabat IBAN yang tersebar di 60 kota di seluruh Indonesia. Memiliki sebuah inisiasi kemudian dijadikan dasar persyaratan bergabungnya seorang aktivis brand baru ke dalam perkumpulan IBAN setiap tahunnya.

Temukan inisiatif dan profil anggota IBAN disini.

Setiap aktivis IBAN didorong untuk membuat solusi dari inisiatif yang didirikannya lewat kegelisahan yang mereka amati di sekitar lingkungan hidup mereka. Para pendiri percaya, keinginan untuk membuat inisiatif, sekecil apapun bentuknya, ia akan mampu memberikan dampak kebaikan bagi masyarakat di sekitarnya.

Para anggota IBAN khususnya aktivis didorong untuk menjaga dan membesarkan inisiatifnya lewat dukungan organisasi dan ekosistemnya agar kemudian menjadi inspirasi bagi orang lain untuk melakukan hal yang sama dengan kapasitasnya masing masing. Inisiatif ini kami simbolkan dengan nyala api lilin. Menumbuhkan lilin lilin kecil dan menerangi Indonesia adalah tujuan mengapa Perkumpulan ini didirikan.

Kenali Tim Kami

Pengurus

Koordinator Wilayah

PRINSIP IBAN

1

We are Impact Makers

2

Sebaik-baiknya Manusia adalah yang Berguna Bagi Orang Lain

3

Dampak adalah Dampak Tidak Ada yang Besar, Tidak Ada yang Kecil

4

Hati yang Penuh, Mengubah, Menuntun

5

Lintas Inisiatif, Ilmu dan Solusi

3 DAYA IBAN

Tumbuh
(GROW)
Jejaring
(NETWORK)
Dampak
(IMPACT)

FAQ

1. Siapa saja yang boleh bergabung dengan IBAN?

IBAN terbuka untuk individu dari berbagai latar belakang yang memiliki inisiatif dan semangat mengembangkan brand lokal Indonesia, termasuk UMKM, pengusaha muda, profesional, dan penggiat brand.

Untuk bergabung, ikuti proses seleksi tahunan GARIS yang diadakan setiap bulan September-Oktober. Informasi lengkap akan tersedia di situs resmi IBAN.

Hubungi sekretariat IBAN melalui kontak yang disediakan, dan Anda akan diarahkan kepada aktivis yang sesuai dengan kebutuhan kolaborasi.

Kolaborasi dengan IBAN memberikan wawasan branding, bimbingan dari ahli, akses ke jaringan nasional, serta peluang untuk proyek yang berdampak bagi UMKM lokal.

Tidak ada biaya, namun anda harus melalui proses seleksi ketat melalui program GARIS untuk memastikan keselarasan visi dengan misi IBAN.

Scroll to Top