IBAN (Indonesia Brand Activist Network) adalah jaringan independen para penggiat brand lokal (brand aktivis) yang memiliki fungsi untuk mengembangkan dan mendukung perkembangan brand lokal di daerah masing-masing.

IBAN bertujuan untuk mengembangkan brand lokal Indonesia, khususnya skala UMKM secara berkelanjutan. Lingkup kegiatan pada brand aktivis antara lain adalah:

  1. Pelatihan dan pengembangan
    • Seminar, workshop, pelatihan dan kerjasama dengan pihak ke-3 dengan tujuan meningkatkan kapasitas pemilik merek
  2. Sosialisasi Brand
    • Radio, TV, podcast, Youtube Live, seminar offline dengan tujuan mengangkat cerita dan tips – tips pengembangan brand dengan cara yang menarik
  3. Akses ke Pasar
    • Menghubungkan UKM pada akses pemasaran baik ke dalam dan luar negeri. Membantu memfasilitasi dan membangun jaringan dengan retailer dan perusahaan
  4. Akses ke Pendanaan
    • Membantu pemilik brand dalam akses pendanaan baik pada institusi keuangan maupun pada potensi investor yang tertarik untuk menginvestasikan dananya bagi brand lokal yang berkualitas

Saat ini, total anggota IBAN berjumlah 92 orang yang tersebar di 50 daerah, dan ada di hampir 9 provinsi di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai IBAN dan kegiatan-kegiatannya,

untuk mengetahui lebih detail tentang Program Indonesia Brand Activists Network (IBAN)