Artikel

Inisiasi Akbar Moujahid

Kikukini adalah sebuah inisiatif penyelamatan kerajinan payung geulis Tasikmalaya yang nyaris punah. Payung geulis Tasikmalaya ini semakin kehilangan pesonanya karena build quality produk yang semakin buruk, ditambah tidak adanya regenerasi pengrajin yang membuat payung geulis ini semakin terpuruk.
Maka dari itu saya mengajak beberapa orang sahabat yang kompeten untuk bersama-sama menghidupkan kembali payung geulis Tasikmalaya dengan kolaborasi di berbagai sisi, mulai dari pengembangan produk, perbaikan skema dan eskalasi produksi dengan memanfaatkan implant tekhnologi agar bisa lebih mudah diadaptasi oleh generasi berikutnya, kolaborasi pattern payung dengan pattern desainer Mira Hoeng dan para desainer grafis muda Bandung yang tergabung dalam Asosiasi Desainer Grafis Indonesia, perluasan akses pasar, dan juga awareness agar payung geulis Tasikmalaya ini bisa kembali menjadi pusat perhatian, dan juga tulang punggung ekonomi Tasikmalaya.
Dari berbagai poin inisiatif tersebut saya beharap bisa mewujudkan kampung pengrajin payung, yang nantinya bisa menjadi destinasi wisata edukasi kriya di Tasikmalaya.




Akademi Lagu Sunda adalah sebuah ajang pencarian bakat bagi para pencipta lagu sunda agar bisa mendapatkan exposure dan monetisasi dari karyanya, yang selama ini minim perhatian, sehingga lagu sunda kalah pamor dibanding lagu daerah seperti jawa dan Indonesia timur.
Ajang ini memberikan kebebasan kepada para pencipta untuk bermain dalam berbagai macam genre, dan bahkan mencampurkan Bahasa sunda dengan Indonesia, inggris ataupun Bahasa popular lainnya, sehingga lagu sunda bisa mendapat perhatian dari kalangan lain, serta memberikan ruang kreatif yang lebih luas kepada para pencipta lagu sunda.
Hasil dari ajang ini kami buatkan album kompilasi yang dinyanyikan oleh para penyanyi senior dari sunda, yang didistribusikan melalui digital platform agar bisa dimonetisasi oleh para artis dan pencipta lagu.
Kami juga membuat program talkshow, untuk mewadahi cerita dan keresahan para seniman sunda, agar bisa bersuara.




Sebuah program di platform youtube yang mencari dan mengangkat brand lokal priangan yang potensial, yang dikemas dengan santai untuk mengurai esensi sebuah brand, agar menjadi referensi dan inspirasi bagi para pelaku usaha untuk serius dalam membangun brand, tidak semata membuat produk sebagai komoditi.
Program ini tidak hanya menghadirkan brand owner, tapi juga ekosistem yang terkait didalam proses membangun brand, seperti pemerintah, investor, supply chain, akademisi, dll.


Saraluna adalah sebuah Lembaga Pendidikan non-formal yang fokus terhadap pemberantasan anak putus sekolah disekitar kawasan kelurahan Bungursari, kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, yang mana ini adalah kawasan domisili tempat tinggal saya.
Kami memberikan sekolah gratis bagi anak putus sekolah, dan juga pelatihan keterampilan kerja yang berfokus pada materi komunikasi dan pemasaran, dengan harapan para remaja putus sekolah ini bisa menjadi tenaga sales dengan kemampuan pemasaran dan komunikasi yang baik, yang mana lapangan kerja untuk sales sangat terbuka lebar setiap harinya diberbagai sektor industry.
Program unggulan kami adalah grooming academy, tentang tata kecantikan dan customer service, serta sales force academy untuk mencetak tenaga pemasaran.

NgeBrand (Ngebahas Brand)
Adalah sebuah program radio talkshow yang sudah berjalan 4 tahun di martha FM Tasikmalaya, yang secara konsisten memberikan literasi dan referensi tentang bagaimana membangun sebuah brand yang baik kepada para pengusaha Tasikmalaya. Program ini juga mendatangkan para brand owner lokal tasikmalaya, untuk berbagi cerita perjuangan dan insight dalam proses mereka membangun brand nya.
